Sabtu, 02 Oktober 2010

Membuat foto lebih Dramatis

BeforeAfter

Sebelumnya, permisi, spada, pada para suhu photoshop - bukan maksud hati menyombongkan diri atau pamer ilmu - tapi cuma sekedar berniat untuk berbagi informasi. Sebetulnya lebih tepat kalau disebut dengan "berbagi kebiasaan" karena pengetahuan mengenai photoshop saya dapatkan secara coba-coba dan berbagai referensi dari di dunia nyata maupun maya.

Disini saya hanya akan berbagi mengenai cara membuat foto agar lebih "dramatis" seperti contoh di atas.

Pertama-tama buka file foto asli nya. Sudah pada tahu dong caranya :) Foto di atas saya peroleh dari "gudang" wallpaper sepeda motor yaitu dari bikewalls.com

  1. Atur level dan curve sampai didapat tingkat densitas dan kecerahan yang diinginkan. Menggunakan menu : image - adjustment - levels (Ctrl+L) dan menu - adjustment - curves (Ctrl+M). Atur-atur saja sampai didapat foto yang 'enakeun' Jika foto sudah bagus, langsung saja ke langkah selanjutnya.
  2. Duplicate layer melalui palet layers. Jika palet belum dimunculkan, bisa dimunculkan dengan menekan tombol F7. Klik kanan layer yang akan di duplicate dan pilih 'Duplicate Layer...'.
  3. Desaturate layer hasil proses duplicate melalui menu : image - adjustment - desaturate (Shift+Ctrl+U)

    Akan didapat gambar dengan modus hitam putih (grayscale). Ubah kepekatan hitam putih / kontras gambar dengan melalui menu : image - adjustment - selective color... lalu pilih warna hitam, bisa diatur persentasi hitam (black)nya dinaikkan misalnya sampai 10%. Method nya relative. Lalu pilih warna putih. Atur warna hitam nya misalnya ke minus 10%. Nilai ini tidak absolut, bisa dicoba-coba sesuai dengan gambar yang di edit.
    Lalu klik tombol OK. Maka akan didapat foto hitam putih dengan tingkat kontras yang lebih tinggi (hitam yang lebih pekat, putih yanglebih terang).

  4. Lalu ubah blending mode dari layer foto hitam putih tersebut ke "Overlay" Maka akan didapat foto berwarna dengan tingkat kontras dan densitas yang lebih tinggi. Atur opasitas dari layer foto hitam-putih untuk mendapatkan efek yang sesuai dengan keinginan. Sampai disini adalah tehnik yang biasa digunakan untuk mengatur saturasi / densitas foto.


  5. Setelah didapat densitas warna yang diinginkan, merge semua layer karena kita akan meningkatkan detail dari awan dengan teknik burning. Merge dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + E atau melalu menu : Layer - Merge Layers. Agar dimaklumi bahwa dengan melakukan merging ini, semua layer akan digabungkan sehingga proses edit tidak bisa diubah lagi secara per layer.

    Setelah merging layer, burn daerah yang memerlukan peningkatan detail dengan burn tool. Atur besar kuas dengan menekan tombol "[" untuk mengecilkan dan "]" untuk membesarkan diameter kuas. Jika kursor anda hanya berbentuk crosshair, bukan lingkaran kuas, artinya "capslock" and aktif. Nonaktifkan capslock untuk mendapatkan gambaran besar dari kuas. Atur agar diameter kuas sesuai dengan besar gambar yang akan diberi efek burning.

    "Gosok" bagian yang akan ditingkatkan kontras nya dengan menggunakan kuas burn tool. Misalnya disini saya menburn area langit dengan awan nya untuk mendapatkan efek langit yang dramatis.

  6. Setelah itu, untuk mendapatkan efek yang lebih dramatis lagi - saya melakukan channel swap antara warna merah dan biru. Hal ini dilakukan melalui menu : Image - adjustment - Channel Mixer. Lalu saya 'menukar' warna merah dengan biru dengan memilih output channel merah (red) dan menurunkan nilai merah (red) pada source channels nya dari 100% menjadi 0 dan biru pada source channels nya dari 0 menjadi 100%. Lalu memilih Output channel biru (blue) dan membalikkan source channels biru menjadi 0 dan merah menjadi 100%. Lalu klik tombol OK. Atau bagi yang mempunyai photoshop channel swap preset tinggal load aja red and blue channel swap. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengoreksi foto yang dibuat dengan filter infra red (bukan kamera yang sudah di modif IR).

    Tinggal finishing dengan plugin efek-efek tekstur yang diinginkan (bisa tambah noise, grain, dsb) dan adjust kontras terakhir.

  7. Maka hasil akhir yang didapatkan adalah seperti ini.

    Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa bermanfaat...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantaaapppp cuy.....!!!

Juan mengatakan...

gk berhasil saya

How To mengatakan...

Keren juga nih kayanya. Ane coba dulu gan